Kamis (2/4) MTs Salafiyah Kajen menggelar Seminar Online via Whatsapp bertema “Dari Aktif Menulis Hingga ke Belanda”. Acara dipandu oleh Rifki Amarullah F. yang merupakan alumni Salafiyah, sekarang sedang menempuh pendidikannya di Universitas Sebelas Maret. Pemateri sendiri yakni Zaenal Abidin juga merupakan salah satu alumni Salafiyah yang sekarang sedang menempuh pendidikan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Abid sapaan akrabnya, memiliki berbagai macam prestasi, khususnya di dunia kepenulisan. Bahkan, laki-laki kelahiran Pati ini pernah menjadi Presentator Paper Internasional Conference oleh PCINU Belanda di Radbound University pada tahun 2019.

Sebanyak 119 siswa ikut dalam seminar itu. Tepat pukul 19.30 WIB seminar dimulai, Rifki sebagai pemandu acara mempersilakan Abid untuk memperkenalkan dirinya sekaligus menceritakan pengalamanya di dunia kepenulisan. Abid bercerita bahwasanya selama dia menjadi siswa di Salafiyah, ia mengikuti berbagai macam ekstrakulikuler, “ Saya di MA sangatlah random, ikut teater, kaligrafi, bimbingan olimpiade, lomba baca kitab, dan organisasi. Seiring berjalannya waktu saya pun memutuskan untuk menekuni bidang menulis terlebih dahulu. Hasilnya memang belum banyak, tapi jelas memicu untuk terus berkarya,” terang Juara 1 Esai se-Jabodetabek tahun 2018 itu.

Para peserta sangat antusias untuk mengikuti seminar tersebut. Sebanyak dua belas anak mengajukan pertanyaan, diantaranya Eli Marlina, Fatika Amalia, Septi Nailil Izzah, Elfi Rahmawati,dan lain-lain. Pertanyaan yang diajukan oleh mereka yakni seputar bakat menulis dan tips-tips kepenulisan. Seminar Di penghujung acara, pemandu acara menutup dengan kalimat, “Sesuatu yang ditulis akan abadi dan sesuatu yang diucapkan akan sirna.” Acara selesai pada pukul 21.00 WIB dengan kepuasan para pesertanya. []

(Red.At-Tatsqif/Lad/MTs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *