MARGOYOSO- Pada Ahad, 26 Januari 2020, MTs Salafiyah  mengadakan sidang ujian Mapel Tahfidz Al-Qur’an dan Qiro’ah Kitab untuk kelas IX. Sidang tersebut dihadiri oleh seluruh wali kelas IX untuk mendampingi putra-putri mereka menuntaskan pertanggungjawaban kelulusan dua mapel unggulan di MTs Salafiyah ini.

Acara tahunan ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 sampai selesai di lingkungan MTs Salafiyah. Diikuti seluruhnya 321 siswa MTs yang pada tahun ini sedang duduk di kelas IX. Dalam praktiknya pembacaan tahfidz Al-Quran, yaitu juz 1 sampai juz 20 di panggung. Untuk siswa beasiswa tahfidz (membaca masing-masing 3 jus), diikuti pembacaan juz 29, dan diakhiri juz 30. Untuk Tes Baca kitab masing-masing santri membaca materi wajib yg telah ditentukan, dilanjutkan membaca materi pilihan (mengambil lintingan kertas) dari penguji, diteruskan pertanyaan Tarkib.

Acara yang berlangsung tiap tahunnya tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Quran dan belajar baca kitab kuning sejak dini. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan untuk membina dan mendidik siswa-siswi agar selalu semangat belajar Al-Quran dan Tafaquh Fiddin.

Kepala MTs Salafiyah Kyai Ahmad Ruman Masyfu’, SH M Si mengatakan bahwa semua santri di MTs Salafiyah yang nanti lulus ujian Tahfidz Al-Qur’an dan kitab harus menghormati guru-gurunya, agar hafalan yang sudah dihafal tidak hilang. “Sebelumnya para penguji sudah diberi breafing dulu guna menjunjung tinggi tiga asas kepastian, keadilan, dan manfaat. Untuk target siswa unggulan tahun ini adalah 3 juz dan kitabnya sampai kitabus shiyam. Untuk tahun depan insya’allah akan kami tingkatkan menjadi 6 juz untuk siswa unggulan. Mari kita berdoa bersama, semoga kami selalu dapat meningkatkan kualitas kelulusan siswa kami MTs Salafiyah Kajen, sesuai tuntutan kemajuan zaman ”, ungkapnya saat sambutan

Drs Ulin Nuha selaku Ketua Umum Yayasan Salafiyah Kajen mengatakan keutamaan orang yang hafal Al-Qur’an salah satunya adalah nanti akan berkah hidupnya. Ia juga mengungkapkan bahwa Al-Qur’an merupakan wahyu dari Allah SWT yang suci. Maka sebagai penghafal Al-Qur’an harus mampu mensucikan pikiran dan perbuatannya. Artinya, semua siswa MTs Salafiyah yang akan lulus harus menjaga marwah kesantrian di era Millenial ini.[Humas-MTs]

1 thought on “Meningkatkan Kualitas Lulusan MTs Salafiyah Laksanakan Ujian Tahfidz dan Kitab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *