alah satu hal penting dalam kehidupan sosial adalah bahasa. Tanpa bahasa yang baik dan terukur, interaksi kita sehari-hari bisa terganggu—bahkan bisa gagal sama sekali.
Bahasa merupakan jembatan bagi tercapainya ilmu; seorang pelajar takkan bisa memahami ilmu jika kita tak mengerti bahasa yang digunakan. Ia akan bingung. Limbung.
Dalam memelajari agama Islam, menguasai bahasa Arab merupakan bagian esensial. Mengerti bahasa Arab secara mendalam membuat kita mampu memahami Alquran, hadits, dan kitab-kitab klasik karya para ulama mulia. Sebab, bahasa Arab merupakan bahasa yang amat kaya. Ada banyak variasi makna dan tafsir; membaca saja tanpa paham bisa menuntun pada kesalahan.
Di MTs Salafiyah Kajen, belajar bahasa Arab adalah kewajiban. Sejak dini siswa-siswi didekatkan dengan bahasa tanah Rasul itu. Alhasil, mereka akan lebih akrab dengan teks-teks Arab seperti Alquran.
Madrasah juga menyediakan ruang kompatibel bagi pembelajaran bahasa Inggris yang notabene bahasa internasional. Kami yakin, siswa-siswi kami akan melanglang dunia menebar kemanfaatan. Bahasa Inggris akan membuat mereka lebih leluasa.
Berangkat dari sinilah bahasa jadi salah satu program unggulan di MTs Salafiyah. Sejak empat tahun lalu, madrasah telah sukses dengan program tahfidz. Dua tahun setelahnya, program unggulan kitab kuning mencapai kesuksesan yang sama.